Senin, 27 September 2010

Cara mengatasi PSP yang tdak bisa ngebuka game yang ada di memory card

Untuk sesi ini saya akan membahas tentang PSP. Walaupun tidak sesuai dengan judul blog saya ini, saya yakin pasti banyak juga anak-anak desainer yang hoby dengan game PSP.Dan juga banyak masyarakat yang mengalami kendala dengan PSP nya. Saya dapat pengetahuan sedikit tentang PSP. Pernah suatu saat saya sedang asyik maen PSP tiba-tiba tanpa disadari batre PSP saya ngedrop (*biasanya PSP hang juga berpengaruh ), langsung mati dan setelah saya charge & hidupkan tiba-tiba game yang ada di memory stick g' bisa di buka. Saat itu memory stick saya tidak support Magic gate alias gak asli. berarti sangat sensitif dengan yang namanya hang. Setelah itu saya kebingungan, kemudian saya cari info di mbah google, dapet deh info-info tentang cara ngatasi game PSP bisa muncul lg.

- Pertama - tama caranya setelah di hidupkan kita harus buka menu  "system setting " pilih "restore default system " dan PSP akan di program ulang kembali. di next aja terus. pilih time zone " +7 : Bangkok ". setelah selesai. dan restart PSP, pilih lagi menu " system setting " kemudian pilih " Theme setting " pilih tema yang "original ".

- Pilih lagi " system setting" kemudian pilih menu " UMD Auto-Start" di off kan dan " UMD Cache " di off kan juga.

- Setelah itu anda pilih menu  "picture ", kemudian pilih menu " Chickhen " tunggu hingga loading . biasanya pertama tidak akan berhasil dan harus di ulang hingga beberapa kali . PSP akan mati. Hidupkan kembali, pilih lg meni " chickhen " tunggu loading hingga berhenti muncul layar seperti gambar garis petak -petak hijau berantakan. PSP akan restart sendirinya.

- Setelah hidup, kemudian pilih deh menu "game " klik menu " gen " kemudian file game nya akan keluar dengan sendirinya. ingat langkah - langkah ini harus di lakukan, salah satu langkah tidak di lakukan maka akan gagal selalu.

Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat bg kita semua. Amin...

Mohon maaf jika ada kekurangan dalam penyampaian.
dan jika ada tips yang perlu di tambahkan silahkan di komentar atau email ke ardeeansyah87@gmail.com.

52 komentar:

  1. maaf om,saya berbeda denagn om tapi kalo saya mati karna di charge terus stelah lama gak di charge eh lobet baterainya setelah saya charge kok gak hidup lagi gak ada gambar sama sekali saya kotak-katik kok masih gak mau nyala kenapa itu ya om?Tolong pencerahannya dong agan yg lain

    BalasHapus
  2. om psp gua kaga ada menu picture lalu menu chiken jadi gimana?

    BalasHapus
  3. Fadli30 Maret 2011 12:03

    maaf om,saya berbeda denagn om tapi kalo saya mati karna di charge terus stelah lama gak di charge eh lobet baterainya setelah saya charge kok gak hidup lagi gak ada gambar sama sekali saya kotak-katik kok masih gak mau nyala kenapa itu ya om?Tolong pencerahannya dong agan yg lain

    Maaf baru Balas om ... Kalau dah gitu biasa nya kena di motherboardnya.. ya sama seorti HP om.

    BalasHapus
  4. Anonim2 Februari 2012 21:08

    om psp gua kaga ada menu picture lalu menu chiken jadi gimana?

    Maaf baru balas om , berarti PSP om dah versi g' pake chickhen lg om. dah yang terbaru.

    BalasHapus
  5. maaf om klo saya pas bermain monster hunter freedom unite pas saya mau main eh ternyata lama gak ada gambar baru lama kelaman mati sendiri psp nya. knya apa gan mohon di balas

    BalasHapus
  6. om psp ane kok pas masuk ke picture kok hang ya ... itu kenapa ??

    BalasHapus
  7. om gimana cara-a klo game saya tiba" hilang/terhapus semua .

    setelah saya mau isi game'a lg .. kata mereka saya harus isi pemancing games ny juga , baru bisa game ny terbaca .

    tolong kasih solusi ny lah Om ^_^

    BalasHapus
  8. punya saya kalo keluar dari game waitnya setengah jam belum keluar-keluar

    BalasHapus
  9. cpet bales yo punya saya belum keluar keluar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan psp saya kalau di masukin memori kok psp nya mati kan.. Penyebab nya apa gan?

      Hapus
  10. itu save datanya ke hapus gak..?

    BalasHapus
  11. terima kasih gan, psp gue sudah bisa

    BalasHapus
  12. itu kok bisa ada ikannya gimana kasih tau mas?
    atau komen aja di Real-steel.pun.bz

    BalasHapus
  13. PSP saya game-nya hilang tinggal fast recovery saja.
    tetapi saat menjalankannya layar jadi berkedip dan melambat, butuh waktu tunggu yang lebih sebelum memulai bermain.
    Bagaimana cara mengatasinya?

    BalasHapus
  14. Kalau saya om psp nya lg main pes loading nya lama banget jadi saya keluarin tapi lola juga jadi saya turn off terus waktu saya hidupin lg tidak keluar gambar cuman hitem doang tolong jwban nya yaa

    BalasHapus
  15. Menu Picture Itu Dimana Ya Gan?

    BalasHapus
  16. Gan tolong dibantu PSP ku gak bisa di cas..
    Saat dicas dan saya tekan tombol power untuk menghidupkan sih nyala psp nya..tp batray tetep aja gk ke cas..trus saat mo buka game bisa mati sendiri

    BalasHapus
  17. trus gmna kalo ada menu picture nya ??
    apa gg ada solusinya ??? T_T

    BalasHapus
  18. misi gann.. ane mau nanyaa kalo misalnya kita lagi main psp tiba tiba layarnya kayak diem gitu trus mati.. itukenapa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya memorinya hampir penuh gan.. dan pengaruh batre yang sudah lemah.. dan panas dimainkan sambil d charge

      Hapus
  19. kalo saat main game muncul menu exit itu gimana solusinya gan

    BalasHapus
  20. Gan , emang ga ada solusi buat yang ga ada menu picturenya ? Udah terlanjur ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan takut om, PSP terbaru sudah canggih.. tergantung kita aja cari tahu.. coba agan tanya ditempat belinya om.

      Hapus
  21. info dikit aj nih,,,bwt yg psp 3000
    ane jg ngalamin yg namanya game g ke baca ato magic gate unknown,trus game yg ane pnya pda ilang.tp ane coba otak atik sndiri dan alhasil game ane balik lagi smua.

    bwt yg psp 3000 biasanya d memmory(ori) nya udah ada sistem pro update,,biasanya ada dimenu game>pro update>press(x) to launch cfw>>tungguin aj ampe beres,,ntr klo udah beres buka lg menu gamenya,,ntr jg balik lagi
    moga brhasil bro2 skalian(ini pengalaman ane aj)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bg makasih banyak yaa infonya daei tadi ane cari info Gak bisa bisa pas ane baca Komen ada Kebetulan psp ane psp 3000 game nya Ileng tu Gak ke detek pas ane cobain Pro update raunya bisa

      Hapus
  22. gan menu picture dan chiken tuch di mana?? kok ane cari" gak ke temu sich??

    tolong bntu gan

    BalasHapus
  23. Gam psp 1000 sy sering hilang gimana ngatasinya
    Sy format isi lg baru bisa keluar nanti hilang lagi

    BalasHapus
  24. misi om,, ko PSP saya kalo main game suka macet atau lola ya om??? kadang kadang ga kebaca game nya suka ngelek

    BalasHapus
  25. misi gan,ane mau nanya nih ane kan make psp 1000 trus ane pernah copy file save game ke psp tapi pas ane masuk ke game dan ane load file save game nya gk ke ada tapi pas ane buka di file save game di psp ada dan gk corrupt gimana solusinya nya ya mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  26. om game saya bisa masuk tapi saat mau dimaenin loading dulu tapi lama . habis itu tulisan loadingnya hilang padahal baru download itu yang salah apa

    BalasHapus
  27. Mohon solusi gan.. Psp 3006 firmware ke versi 6.61 ketika klik fast recovery biasanya kan mati trus kaluar tulisan update trus nongol game.. Ko ini malah mati ga ieu lg... Kl klik update program ga support FW... Mesti gmn ya.... Plis

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada kasus ini, biasanya banyak kemungkinan. salah satunya bisa jadi pada saat update datanya belum complete.

      Hapus
  28. Om mau nanya kok saya pas main def jam pas pertandingan pertama lancar lancar aja, tapi pas masuk pertandinga ke dua loadingnya lama padahal ada lagunya, itu gmana om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya data source gamenya belum sempurna.. saran ane di install ulang game nya.

      Hapus
  29. bang tolong gan....
    ane main sword art online infinity moment di psp type 1001
    namun saat kita tekan gamennya lalu pspnnya mati sendiri...
    jadi solusinnya gimannya gan...
    mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya gamenya tidak support , atau datanya ada yg corrupt , bisa juga mainboard nya sudah lemah, banyak kemungkinan sih gan..

      Hapus
  30. Punya saya Psp 1000 om tpi udh update ke versi 6.61 pro c, cuma klo isi game rockband unpluged doang gamennya jd pd hilang gimna ya ngatasinya

    BalasHapus
  31. Kok saya ngga ada tulisan pitcure

    BalasHapus
  32. Maaf gan.. Ane baru pegang psp.. Ceritanya abis format sdnya.. Terus di isi game baru.. Ane simpen filenya gamenya di folder iso yg ane buat. Pas di pasangin di psp ko gamenya ga ke detek ya?... Tolong solusinya ya gan?

    BalasHapus
  33. Kenapa saya ga bisa keluar dari game yg sekarang dmainkan.terus mau d pindahkan ke game yg baru..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang kalau game nya mau di buka namun hanya layar awalnya aja gimana,

      Hapus
  34. Bang. Psp g ada menu picture.

    Masalah saya. Saya baru format memori stick, semua data hilang semua. Pas saya buka, data korup. G bisa di apapun. Bingung saya. Mohon bantuannya

    BalasHapus